Private Pembelajaran FB ADS dan IG ADS Terpercaya
Indonesia memiliki sekitar 79 juta pengguna aktif
media sosial, termasuk di antaranya adalah Facebook. Fiturnya yang lengkap
serta tampilan yang user-friendly membuat platform buatan Mark Zuckerberg ini
makin diminati pengguna dari berbagai kalangan.
Tentang Iklan Facebook
Nah, salah satu fitur andalan Facebook yang sedang
sangat booming di kalangan pebisnis adalah FB Ads. Layanan berupa iklan
berbayar ini ditujukan secara khusus untuk para pelaku usaha, komunitas, brand,
public figure, serta siapa pun yang ingin mempromosikan produk/jasanya lewat
Facebook.
Selain jangkauan konsumen yang lebih luas, kelebihan
lain yang ditawarkan FB Ads adalah hadirnya fitur Facebook Adverts Manager,
sehingga iklan di Facebook terpasang kepada audience yang tertarget berdasarkan
kondisi demografinya (jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan,
minat, koneksi, kebiasaan, dan sebagainya).
Fitur tersebut juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi
kinerja iklan, misalnya melihat berapa kali iklan ditampilkan, berapa banyak
user yang mengklik, sampai data rinci mengenai cost per click/like/conversion.
Jenis-Jenis Iklan Facebook :
Ada beberapa jenis FB Ads yang dapat dipilih pengiklan
sesuai dengan kebutuhan, yaitu:
- Page Post Engagement
Iklan jenis ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi.
Caranya dengan menyebarkan status, foto, video, link, dan sebagainya untuk
memperoleh engagement berupa likes, comment, ataupun share.
- Page Likes
Jumlah likes pada fanpage akun bisnis sangat penting
untuk membangun kepercayaan konsumen akan produk Anda. Makin banyak likes,
makin kredibel bisnis Anda di mata konsumen
- Click to Website
FB Ads jenis ini hampir sama dengan Page Post
Engagement. Bedanya. Call to action pada iklan jenis ini berupa tombol klik
yang mengarah ke website tertentu.
- Website Conversion
Selain click to website, dengan iklan Anda juga dapat
mengarahkan calon customer untuk melakukan tindakan lain, misalnya checkout,
leads, atau registration.
- Event Responses
Jenis FB Ads ini sangat tepat dipilih jika bisnis Anda
akan mengadakan acara tertentu dengan target market yang lebih spesifik.
- App Instal/Engagement
Ingin mengiklankan aplikasi buatan Anda? Pasang saja
iklan Facebook yang satu ini dan ajak audiens untuk men-download aplikasi
tersebut.
Selain bebas beriklan tanpa kendala jarak, manfaat
lain yang bisa diperoleh dari FB Ads adalah target audience yang lebih spesifik
dengan pilihan media yang beragam (foto, video, dsb). Jadi, iklan FB mana yang
paling sesuai untuk Anda?
Instagram menjadi platform media sosial yang sudah
tidak asing lagi di telinga orang-orang di seluruh dunia. Sekarang sudah
mencapai 1 miliyar lebih penggunanya. Data ini bagi para pebisnis online
menjadi peluang besar yang menguntungkan untuk memasarkan produk/jasa mereka
untuk dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang potensial. Dengan
menyadari adanya peluang komersil yang bisa diperoleh tersebut, IG kemudian
meluncurkan fitur terbaru yaitu Instagram Ads di bulan Oktober 2013. Tanpa
membutuhkan waktu panjang, fitur ini segera dimanfaatkan oleh para pelaku
bisnis sebagai bagian dari strategi social media marketingnya. 4 tahun setelah
Instagram Ads rilis ke pasaran, tepatnya di bulan Maret 2017, IG kini sudah
memiliki 1 juta lebih pengiklan aktif.
Instagram Ads : Keunggulannya
Ada banyak alasan mengapa Instagram Ads begitu banyak
digandrungi oleh pelaku bisnis online. Kita bahas saja 4 keunggulannya.
Keunggulan yang pertama yaitu iklan yang ditampilkan
pada Instagram Ads tidak terkesan agresif seperti yang ditampilkan oleh
platform medsos lainnya. Anda akan melihat iklan tersebut seperti layaknya
postingan foto atau video yang biasa Anda lihat pada akun teman Anda.
Keunggulan yang kedua dapat mengadopsi sistem targeting
yang serupa dengan yang diterapkan oleh medsos Facebook, yang memungkinkan
pengguna untuk bisa mendapatkan informasi tentang target market se spesifik
mungkin yang meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, dan lain sebagainya.
Keunggulan berikutnya yaitu Instagram Ads menyediakan
beberapa jenis variasi format iklan dari mulai foto, video, dan juga carousel.
Keunggulan terakhir dari Instagram Ads yang begitu
signifikan pengaruhnya dalam promosi yaitu tersedianya fitur untuk meningkatkan
engagement yang terdiri dari tombol seperti follow, kunjungi situs web, atau
download aplikasi. Menarik bukan?
keunggulan instagram ads :
Anda pasti
sudah mendengar berita yang viral di tahun 2012 di mana Facebook berhasil
mengakuisisi IG. Akuisisi tersebut mengakibatkan seluruh pengaturan iklan yang
tersedua di IG menjadi terintegrasi dengan pengaturan iklan yang ada di medsos
Facebook. Di mulai dari saat itu juga, Anda harus menggunakan fitur Power
Editor yang ada di Facebook yang berfungsi untuk mengatur budgeting,
scheduling, dan pengaturan lainnya yang berhubungan dengan pemasangan iklan di
IG. Bagi Anda yang mungkin baru mengenal Instagram Ads, ada baiknya untuk
memahami terlebih dahulu istilah-istilah seperti Ads Manager, Power Editor, dan
Business Manager supaya Anda tidak kesulitan dalam mempromosikan produk/jasa
Anda di IG :
1. Ads Manager
Ads Manager merupakan aplikasi iklan dari Facebook
yang berfungsi untuk membuat dan mengelola Facebook serta Instagram Ads secara
bersamaan. Aplikasi ini mempunyai fitur yaitu dapat menciptakan iklan,
menjalankan iklan, melakukan targeting, menentukan anggaran/modal iklan,
menunjukkan kinerja iklan (performance ads), dan menunjukkan
ringkasan/rangkuman riwayat, serta informasi metode pembayaran iklan. Baca juga
: Mengenal IGTV : Fitur Terbaru Dari Instagram
2. Power Editor
Power Editor merupakan aplikasi iklan dari Facebook
yang dirancang agar setiap pengiklan berskala besar dapat langsung membuat,
mengedit, dan menerbitkan beberapa iklan dengan satu kali klik. Aplikasi ini
juga memungkinkan pengiklan dapat mengontrol kampanye yang mereka buat.
Kemudian juga terdapat beberapa fitur di antaranya seperti mengelola, membuat,
menduplikasi, dan mengedit banyak iklan sekaligus dari satu akun dalam satu
waktu. Kemudian Power Editor juga mampu mengimport iklan menggunakan Excel.
Anda cuma mendownload template yang disediakan lalu mengisi informasi yang
dibutuhkan untuk iklan yang Anda buat. Anda juga dapat dengan mudah untuk
menemukan kampanye dan iklan di sini dengan memanfaatkan fitur pencarian dan
filter yang disediakan.
3. Business Manager
Business Manager merupakan aplikasi Facebook yang
biasa digunakan untuk beriklan. Antara Business Manager dengan akun Facebook
berdiri sendiri ya, jadi satu akun Facebook bisa mempunyai beberapa Business
Manager. Fitur ini mempunyai sifat good standing di mana satu Business Manager
mampu untuk memuat lebih dari 10 iklan. Fitur yang tersedia dari Business
Manager yaitu anda bisa membuat dan mengelola lebih dari 1 Ads Manager, ini
memungkinkan Anda untuk melimpahkan wewenang kepada Ad Account, Pixel Person,
Page Person, dan lainnya, unggul dari segi waktu release fitur-fitur
advertising, serta menggunakan pilihan pembayaran yang berbeda dengan Facebook
sebagai upaya menghindari error.
Kesimpulan
Itulah Penjelasan dari kami mengenai pengertian, cara
kerja dan jenis-jenis dari Instagram Ads dan Fb ads akan selalu membagikan artikel bermanfaat
terkain pengembangan bisnis anda.
Posting Komentar untuk "Private Pembelajaran FB ADS dan IG ADS Terpercaya "